#DigitalLoveVersiGue -- Cinta Maya dan Luka Nyata

Cinta?
Ah, siapa lah yang tak pernah mendengar satu kata ini! 
Laki-laki, perempuan, dari yang muda sampai yang lanjut usia pun sudah tak asing lagi dengan kata ‘Cinta’ . Sebuah kata yang  dirangkai oleh lima buah huruf dengan sejuta makna.
            
Cinta.       
Banyak cerita bahagia karena cinta. Tapi, banyak juga yang terpuruk karenanya. Ada yang sangat memujanya, bahkan ada juga yang membencinya. Ada yang berakhir bahagia, namun ada pula yang berakhir dengan air mata. Ya, begitulah gambaran cinta menurut gue.
            
Well, nama gue Putri Larasati Wulandari, seorang gadis keturunan Jawa, namun lahir dan dibesarkan di pulau Sumatera, Palembang. Tak bisa bahasa Jawa dan juga tidak mengerti bahasa Palembang seutuhnya. Di umur gue yang sudah tak bisa lagi di bilang remaja ini, gue sudah sering banget jatuh banget di dunia yang bernama ‘Cinta’. Bertepuk sebelah tangan, sudah biasa. Jatuh cinta diam-diam sangat biasa. Terjebak dalam friendzone sudah terbiasa. Ya, semua terbungkus dalam satu fenomena yang ku sebut ‘cinta monyet’. Cinta itu bisa buat kita bahagia, ah pret! Nyatanya terpuruk dan sakit hati yang terasa.
            
Pertama kali rasa cinta itu hadir sekitar dua tahun yang lalu, tepatnya  Desember  2012 lalu. 13 Desember 2012, hari dimana gue resmi menjalani hubungan LDR Palembang-Bandung. Dialah lelaki yang telah berhasil merebut hati ini. Ya, hanya dia satu-satunya lelaki yang berhasil menghancurkan kokohnya keegoisan hati ini. Akhirnya gue bener-bener ngerasa gimana hati berdebar waktu denger suaranya, nyinyir sendirian kalo ngebayangin wajah absurdnya, kesel kalo nggak ada kabar darinya. So, complicated.
            
Satu kisah cinta tragis? Ya, itulah satu momen yang menurut gue ngepas maksimal sama tema yang ditentuin dalam #MOMEAFAILENTINE. Gimana ceritanyaa? Yuk, cekidot!
            
Perkenalan kami dimulai saat ia mengirimkan sebuah pesan singkat di akun facebook milik gue dengan satu emot singkat saja. Berhubung gue bukan tipe cewek yang suka di ajak kenalan, seperti biasa gue ngestalk info tentangnya terlebih dahulu. And then, ciat ciat ciat, ternyata dia adalah seorang lelaki berdarah Sunda yang lahir pada 17 april 1994, tercatat sebagai salah satu mahasiswa aktif di universitas BSI jurusan management informatika sejak tahun 2011.
            
“Wihi, jauh ternyata”, batin gue.
            
Setelah melihat info tentangnya, gue udah nggak khawatir lagi bila suatu saat si doi bakal ngajak gue ketemuan. Jarak kita jauh, tenang. Oleh sebab itulah gue mulai ngerespon pesan singkat darinya sampai puncaknya dia meminta nomor handphone gue. So far, dia anaknya baik, enak diajak ngomong, nyambung kalo diajak tukar pikiran, terlebih lagi jika membahas tentang kuliah. Bersamanya gue ngerasa seperti punya dunia baru, informasi-informasi terbaru, dan tentu saja teman baru. Lumayanlah beda pulau, beda ilmu.
            
“Maaf sebelumnya, abdi teh Cuma pingin bilang ke putri kalo sebenernya teh saya suka sama kamu. Boleh saya minta kamu jadi pacar saya?” itulah pernyataannya ke gue. Membaca sederet pesan singkat itu, gue balas dengan gelengan saja. That’s crazy, ini di luar akal sehat gue. Coba bayangin masa iya bisa jatuh cinta hanya dengan dunia maya, gak pernah ketemu, jaraknya jauh, bahkan si doi brondong satu tahun di bawah gue umurnya. Ini awal gue mulai malas plus sungkan untuk berkomunikasi lagi dengannya. Tapi ya namanya lelaki sih, gagal satu kali ada kesempatan dua kali, gagal lagi coba lagi. Begitulah kiranya dia, nembak berkali-kali dan gue tolak berkali-kali, kaga ada jeranya! Terus gue sebagai wanita normal bisa apa? Rasa nyaman bersamanya itu mengalahkan segalanya, terlebih lagi saat papa terbaring di rumah sakit, hanya dia yang punya waktu buat gue. Dia satu-satunya orang yang ngehibur gue walau hanya lewat udara, di sela kesibukannya tak lupa ia kirimkan sebait doa untuk papa gue, dan itu bener-bener ngebuat gue melting. Oh, God! Ini sangat nggak masuk akal menurut gue. Gue yang awalnya hanya ingin menambah teman di luar daerah malah terperangkap dalam satu kondisi merah muda.
            
Cinta ini kadang-kadang tak ada logika
            
Sepenggal bait miliknya Agnes Monica ini tenyata benar adanya dan gue merasakannya. Tepat di bulan April, bulan kelahirannya, gue kirim sebuah paket berisi kado untuknya. Di perjalanan pulang kuliah, dia ngehubunguin gue.
            
“Teh, makasih ya. Paketnya udah sampe tuh”
            
“Makasih apa? Paket yang mana?”, gue tetep berkilah, walaupun sebenernya gue sangat-amat tau apa yang dia maksudkan.
            
Hari itu gue bener-bener nge-fly, ngerasa kalo keluarganya nerima keberadaan gue. Memang tak bisa dilihat nyatanya, hanya sorakan ramai ‘cie-cie si aa beda lah yang punya kabogoh jauh mah’ yang terdengar sangat jelas dari seberang telepon sana. Lalu, terdengar teriakan lainnya ‘wih, ada namanya si putri, dari Palembang euy. Jauh pisan’ Bahkan ibunya juga bilang, ‘ini teh jadi bakal ke Palembang?
            
Oh, God! Ini ga pernah gue rasain sebelumnya. Merasa berbunga-bunga, pokoknya taman polda mah lewat euy! Ahaha. Mulai hari itu gue janji sama diri gue buat ngejaga perasaan indah ini. Pelan tapi pasti, rasa sayang itu mulai menjangkiti hati.
***
Dulu pernah kau bilang aku yang kau cinta
Dulu pernah kau bilang Aku yang kau sayang
Tiada lagi yang bisa mengisi hatimu selain aku

hari ini kau bilang kau benci diriku
hari ini kau bilang Kau putuskan aku
Betapa hancurnya ku dengar semua kata-katamu

Reff:
Apa salahku...
Apa dosaku... pada dirimu...
Sehingga mimpi-mimpi yang ku punya dulu kini berlalu
Dulu sering kau bilang aku yang terindah
Dulu Sering kau bilang aku segalanya
Tapi kini kau paksakan tuk lupakan semua cerita kita..

Reff
Apa maumu...
Apa inginmu.. pada diriku...
Hingga kau biarkan perasaanku hancur dan rapuh
            
Lirik di atas merupakan salah satu tembang miliknya Yangseku, judulnya apa salahku. Satu tembang favorite gue setelah satu kata ‘putus’ yang melesat dari bibir gue. (cek : http://soundcloud.com/putri-larasati-wulandari/apa-salahku-yangseku-cover-by). Bukan tak ada alasan, bukan juga karena sudah tak lagi sayang. Hanya saja keadaan yang membuat gue ngambil keputusan ini. Gue ga bisa terima saat gue tahu kalo hatinya mendua. Selingkuh? Bukan, bukan itu pula maksud gue. Ia memang tidak selingkuh, tapi hatinya telah mendua. Semua tergambar dari salah satu postingannya di akun blog resmi miliknya yang diberi nama ‘Tinta Hitam’ disana gue nemuin satu postingan yang isinya berhasil buat gue ngeluarin air mata yang menganak sungai di pelupuk mata.
            
“Teh, aa’ sayang sama teteh. Tapi, aa’ juga gatau kenapa rasa itu hadir lagi. Satu rasa yang sama pada dua tahun lalu, rasa sayang aa’ buat si adek –adek angkat- muncul lagi. Waktu aa’ yang lebih banyak untuk jalan bareng bersamanya membuat rasa itu hadir lagi”, ungkapan inilah yang melekat kuat di memori otak gue.
            
“Terus? Mau aa’ gimana?” gue bertanya seraya menggigit bibir menahan sakit di hati.
           
 “Aa’ juga gak tahu, Teh. Kalian berdua hadir di hidup aa’, ngebuat hari-hari aa’ penuh dengan warna. Aa’ sayang sama teteh, tapi aa’ juga sayang sama dia”
            
Bilang dong bilang kalo elo pilih gue. Bilang aja kalo elo khilaf, bilang gitu a’, batin gue yang sedikit memaksa.
            
Tapi, salah. Semua nggak berjalan seperti apa yang gue mau, dia dengan gampangnya bilang ke gue, “Maaf teh, kalo sekarang ditanya aa’ maunya apa, aa’ pengen banget ngejalaninnya sama dia. Ngejalanin hubungan yang sempat tertunda dua tahun lalu. Aa’ juga udah sempet nanya ke dia, dan katanya sebenarnya juga dia punya rasa yang sama ke aa, bahkan dari awal kita jadian teh. Dia sengaja gonta-ganti pacar buat manasin aa’ dan nungguin kita putus. Tapi, kita nggak putus-putus katanya”
            “Shit! Lo jelas banget ngasih info ke gue, jelas nyakitin hati gue! Banget! Gak Cuma elo, tapi dia juga! Elo yang dulu selalu nyuruh gue buat percaya sama elo, nyuruh gue nungguin elo dateng ke Palembang, elo yang selalu ngejanjiin hal-hal manis di masa depan sama elo ke gue, elo iya elo! Dan dia yang uda gue anggep kayak adek sendiri juga sama munafiknya sama elo! Gue nggak pernah ngelarang kalian jalan bareng, itu karena gue percaya sama kalian yang mendeklarasikan hubungan kalian yang katanya adek kakak doang”, gue cuma bisa teriak dalam batin mendengar celoteh yang serasa mencabik-cabik, mengoyak hati.
            Setelah gue milih buat mutusin dia, gue kira semuanya berakhir. Nggak akan ada lagi masalah setelahnya. But.....? Ini awal gue semakin terpuruk. Setelah kejadian itu, gue kayak anak ayam yang kecebur di got, kusam dan lusuh. Bolak-balik dokter itu hal yang tak pernah gue inginkan, tiga hari berturut-turut tanpa sesuap nasi yang masuk ke perut gue adalah alasannya. Dulu, waktu temen-temen gue bilang patah hati itu gak nafsu makan, gue nyibir. Nyatanya? Gue yang ngerasain itu, parahnya gue mesti disuntik untuk pulihin stamina gue -kata dokternya- Tau gimana rasanya jarum suntik nancep di kulit? Itu sakit, sakit banget, banget.  Hari-hari gue selanjutnya ditemani secercah bayangan, obat-obatan, dan juga air mata.
            “Seharusnya elo gak usah beri gue harapan yang terlalu tinggi. Harusnya elo gak usah janjiin gue untuk menjalin hubungan sampai ke jenjang pernikahan. Harusnya elo gak usah kenalin gue ke keluarga elo juga. Ah! Elo yang selalu nyuruh gue buat percaya sama gue, tapi elo juga yang ngehianatin gue”
            Tragis? Iya, ini kisah cinta tragis gue. Cinta maya yang membuat luka begitu nyata menganga.
           



Komentar

  1. Huwaaaa kenapa LDR endingnya kok sedih banget. Tetap semangat ya, Kak hehehe.

    BalasHapus
  2. aduhh kok ceritanya kayak gini banget kak. ikutan sedih yaaa :(
    aku juga ada temen dumay, tapi enggak sampe pacaran gini huehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. iya.. postingan dari kisah ini jangan dicoba di rumah ya ;)

      Hapus
  3. LDR dulunya? Sama kak, sama. Jrg2 ya yg masih sekolah atau kuliah LDR-nya lancar. Aduh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. lancar ga lancar itu dari individunya, dek :)
      ini hanya sebagian kecil kisah yang bertabur luka *ea :D

      Hapus
  4. tetap semangat ya #pukpuk :)

    BalasHapus
  5. duh... *cuma mampu komentar gitu*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer